Senin, 22 Agustus 2011

Sistem Informasi Operasi Bisnis


Sistem Informasi Bisnis
Ada banyak cra untuk menggunakan sistem informasi dalam bisnis karena ada banyak aktivitas bisnis yang dilakukan, masalah bisnis yang harus dipecahkan dan peluang bisnis yang harus dikejar.

Sebagai calon pengguna tingkat manager, anda harus mengetahui secara umum pembagian sistem informasi yang digunakan untuk menunjang setiap fungsi-fungsi bisnis.
Marketing Information System
Fungsi bisnis Marketing berhubungan dengan perencanaan, promosi, dan penjualan dari produk-produk yang ada pada pasar yang ada, dan pengembangan dari produk-produk baru, dan pasar-pasar baru untuk melayani secara lebih baik pelanggan-pelanggan yang ada sekarang ataupun calon-calon pelanggan.


Manufacturing Information System
Sistem Informasi Manufaktur mendukung fungsi produksi / operasi yang meliputi segala kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengaturan proses untuk menghasilkan barang-barang atau jasa.  
Oleh karena itu fungsi produksi / operasi berkaitan dengan manajemen sistem operasi dari keseluruhan perusahaan.



Sistem Informasi Manufaktur berbasiskan komputer menggunakan beberapa teknik untuk mendukung Computer-Integrated Manufacturing ( CIM ).
Selain CIM, di sistem informasi manufaktur dikenal pula :
·         Computer-aided Engineering ( CAE )
·         Computer-aided Design ( CAD )
·         Computer-aiding process planning ( CAPP )
·         Material Requirement Planning ( MRP )
·         Manufacturing Resource Planning ( MRP II )
·         Computer-aided Manufacturing ( CAM )

Human Resource Information System
Fungsi manajemen sumber daya meliputi rekruitmen, penempatan, evaluasi, kompensasi, dan pengembangan pegawai dalam sebuah organisasi.





0 komentar:

Posting Komentar