Senin, 22 Agustus 2011

Properties dari Sistem Informasi

Information System Resources
Gambar model sistem informasi di bawah ini menunjukkan sebuah sistem informasi yang terdiri dari 5 ( lima ) sumber daya dari sistem informasi yaitu : manusia, perangkat keras, piranti lunak, data dan network.


People Resources ( Manusia )
Manusia dibutuhkan untuk mengoperasikan semua sistem informasi. Sumber daya manusia ini meliputi : end user ( pengguna akhir ) dan IS Specialist.

End User sering juga disebut sebagai user atau pengguna atau client adalah orang-orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan.

IS Specialist adalah orang-orang yang membangun dan mengoperasikan sistem informasi. Mereka meliputi sistem analis, programmer, operator komputer dan orang-orang lainnya dari tingkat managerial, teknikal dan kelerikal sistem informasi.

Hardware Resources
Konsep sumber daya perangkat keras meliputi seluruh peralatan fisik dan bahan-bahan yang digunakan untuk menghasilkan informasi.

Secara lebih detil lagi, meliputi tidak hanya mesin-mesin, seperti komputer dan kalkulator, tetapi juga media data, yaitu semua objek-objek berharga dari data yang disimpan dari kertas-kertas menjadi megnetic disks.

Contoh perangkat keras dari sistem informasi berbasiskan komputer adalah :
·   Sistem komputer, yang terdiri dari CPU dan berbagai peralatan yang terhubung dengannya. Contohnya : komputer mainframe, mini, dan micro.
·   Peralatan komputer, adalah alat-alat seperti keyboard atau electronic mouse untuk memasukkan data atau melakukan perintah, video screen atau printer untuk output dari sistem informasi.

Software Resources
Konsep piranti lunak meliputi semua bagian dari instruksi-instruksi pemrosesan informasi.
Contoh :
· System software, seperti sistem operasi ( operating system )
· Application software
· Procedure

Data Resources
Data lebih dari bahan mentah untuk sistem informasi. Konsep data resources telah diperluas oleh para manager dan IS profesional. Mereka menyadari bahwa data melambangkan sumber daya organisasi yang sangat berharga.

Data resources dari sistem informasi biasanya dibedakan menjadi :
· Database
· Knowledge base

Network Resources
Jaringan telekomunikasi telah menjadi bagian penting dari kesuksesan operasi dari organisasi modern dan sistem komputer berbasis komputer. Jaringan telekomunikasi meliputi komputer-komputer, terminal pengguna akhir, prosesor komunikasi dan peralatan lainnya yang sering terhubung dengan media komunikasi dan diatur oleh piranti lunak komunikasi.

Network Resources meliputi :
· Communication media. Contohnya : twisted-pair wire, coaxial cable, dll
· Network support. Contohnya : prosesor komunikasi seperti modem


0 komentar:

Posting Komentar