Sistem Pendukung Keputusan merupakan kumpulan teknologi komputer yang mendukung pekerjaan material khususnya pengambilan keputusan.
Sifat pekerja manajer :
- Interpersonal. Terdiri dari : figurhead, leader, & liaison.
- Informasi. Terdiri dari : monitor, disseminator, & spokesperson.
- Keputusan. Terdiri dari : enterpreneur, disturbance, handler, resource allcator, & negotiator.
- jumlah alternatif
- biaya
- ada perubahan terus menerus
- Terstruktur
- Semi terstruktur
- Tidak terstruktur
- Dukungan
- Menurut Scott Morton bahwa SPK merupakan sistem berbasis komputer interaktif yang membantu para pengambil keputusan untuk menggunakan data & berbagai model untuk memecahkan masalah2 yang tidak terstruktur.
- Menurut Gorry & Scott Morton bahwa SPK adalah memadukan sumber daya intelektual dari individu dengan kapabilitas komputer untuk meningkatkan kualitas keputusan.
- Perusahaan bekerja dalam ekonomi yang tidak stabil & berubah dengan cepat.
- Adanya kesulitan untuk melacak berbagai operasi bisnis.
- Meningkatnya persaingan.
- Perdagangan elektronik.
- Sistem yang sudah ada tidak mendukung pengambilan keputusan.
- Diperlukannya informasi yang akurat.
- Diperlukannya informasi baru.
- Kualitas keputusan yang lebih tinggi.
- Peningkatan komunikasi.
- Peningkatan kepuasan pelanggan & karyawan.
- Adanya informasi yang umurnya dibatasi oleh waktu.
- Berkurangnya biaya.
Membuat satu kelompok berada di satu tempat pada satu waktu dapat sangat sulit & mahal. Dengan hal tersebut untuk meningkatkan kerja kelompok digunakan dengan bantuan teknologi informasi sebagai sistem komputasi kolaboratif, groupware, sistem pertemuan elektronik, & sistem pendukung kelompok.
Sistem Informasi Perusahaan
Sistem informasi perusahaan dari sistem informasi eksekutif di gabung dengan berbagai teknologi web. Portal informasi perusahaan saat ini digunakan untuk melihat informasi mengenai organisasi keseluruhan.
Sistem Manajemen Pengetahuan
Pengetahuan & keahlian di masa lalu dapat sering digunakan untuk memperlancar pengambilan keputusan. Akan tetapi tidak cukup signifikan untuk digunakan lagi setiap kali muncul situasi pengambilan keputusan. Pengetahuan yang terakumulasi sepanjang waktu di suatu perusahaan dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang identik / serupa. Dari hal tersebut yang terpenting adalah untuk memotivasi orang2 untuk mengkontribusikan pengetahuan mereka karena banyak pengetahuan biasanya tidak di dokumentasikan.
0 komentar:
Posting Komentar